SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Nama Matakuliah : Metodologi
Penelitian Tafsir
Hadits
Kode Matakuliah : QUR 7026
Komponen :
Kompetensi Penunjang
Bobot :
3 sks
Semester :
VII (tujuh)
Program Studi/Jurusan : Ilmu
al-Qur’an dan Tafsir
Fakultas :
Ushuluddin
Dosen :
Moh. Anwar Syarifuddin, S.Ag., MA.
A. Deskripsi Matakuliah
Matakuliah Metodologi Penelitian Tafsir Hadits
ditekankan pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam memahami kerangka metodologi penelitian
dan mempraktekkannya dalam
sebuah proyek penelitian di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, juga Hadits dan Ilmu Hadits. Untuk
itu, fokus kajian mata kuliah ini dimulai dengan pemahaman tentang ruang
lingkup bidang kajian Tafsir dan
Hadits, penguasaan ragam metode pendekatan dalam penelitian Ilmu al-Qur’an dan
Tafsir, Hadits dan
Ilmu Hadits, termasuk
ragam pendekatan interdisipliner terkait kajian kritik sastra, analisis kontekstual melalui ilmu-ilmu sosial dan humaniora, kajian filsafat
hermeneutika, Perspektif
kesetaraan jender dan HAM. Selain itu, mahasiswa juga diarahkan untuk mampu
membuat sebuah disain penelitian dan mempraktekkan disain yang sudah dibuat
dalam sebuah kegiatan penelitian mini.
B. Kompetensi Dasar
- Kecakapan
dan kemampuan menjelaskan definisi metodologi
penelitian Tafsir dan Hadits, serta menentukan ruang lingkup batasannya.
- Kecakapan
dan kemampuan menunjukkan hubungan antara berbagai kelompok kajian dalam
lingkup Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dengan kekhususan paradigma yang berlaku
di dalamnya, dan kemungkinan melakukan upaya pengkajian melalui kerangka
konseptual yang berasal dari paradigma keilmuan di luar ruang lingkupnya.
- Kecakapan
dan kemampuan menyebutkan dan menguraikan ragam pendekatan yang bisa
dilakukan dalam penelitian bidang kajian Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Hadits
dan Ilmu Hadits melalui skema penelitian interdisipliner, baik itu melalui
kajian naskah secara tekstual melalui pendekatan kritik sastra, kajian
kritik kontekstual, hermeneutika, dan kajian jender.
- Kecakapan
dan kemampuan membuat sebuah rancangan/disain penelitian dengan merumuskan
tema penelitian, latar belakang pentingnya penelitian tersebut, pertanyaan
penelitian, metodologi, serta bahan bacaan yang diperlukan.
- Kecakapan
dan kemampuan melakukan praktek penelitian sesuai dengan judul yang sudah
diajukan sebelumnya, dan menuliskan hasil penelitiannya dalam sebuah
tulisan ilmiah yang tidak dipublikasikan.
C. Daftar Pustaka
Abu
Zayd, Nasr Hâmid. Mafhûm
al-Nass. Kairo: Al-Hayât al-Misriyyah li Ammat al-Kitâb, 1993.
Amal, Taufik Adnan.; dan Panggabean, Syamsu Rizal. Tafsir Kontekstual Al-Qur’an.
Sebuah Kerangka Konseptual. Bandung: Mizan, 1990.
Arkoun, M. Berbagai Pembacaan al-Qur’an (terj.
Machasin) Jakarta: INIS, 1997.
Bleicher, J. Contemporary Hermeneutics: Hermeneutics as
Method, Philosophy and Critique. London: Routledge & Kegan Paul.
Bogdan, R.C.; dan Knopp Biklen, Sari. Qualitative Research for Education, an
Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, 1998.
Dzahabî, M.H. Al-Tafsir wa al-Mufassirun, Kairo:
Mustafâ al-Bâb al-Halabî, nd, 2 vols.
Dzahabî, M.H. Ittijahat
al-Munharifa fi tafsir al-Quran, Kairo: Dâr al-I‘tisâm, nd.
Farmawi,
Abd al-Hayy al-. al-Bidaya
fi Tafsir al-Mawdu’i. Fajjala: Matba’a al-Hadara al-‘Arabiyya, 1977.
Gadamer,
Hans Georg. Philosophical
Hermenutics. (terj. David E. Linge). Berkeley: University of California Press,
1977.
Goldziher, I. Madzâhib
al-Tafsîr al-Islâmî. Kairo: Maktabah al-Khanji, 1975.
Hasan, Rif‘at.; dan Mernisi,
Fatima. Setara di Hadapan Allah Relasi
Laki-laki dan Perempuan dalam tradisi Islam. Yogyakarta: LSPAA, 1995.
Howard, R.J. Three Faces of Hermeneutics: An
Introduction to Current theory of Understanding, Los Angeles: University of
California Press, 1982.
Humphreys, R. Stephen. Islamic History, A
Framework for Inquiry. Princeton: Princeton Univ. Press, 1991.
Mc
Auliffe, Jane Dammen. Quranic Christians an Analysis of Classical and Modern Exegesis, Cambridge:
Cambridge Univ. Press, 1991.
Palmer, Richard. Hermeneutics,
Evanston: Northwestern University Press, 1969.
Patte, Daniel. What is Structural Exegesis?
Philadelphia: Fortress Press: 1976.
Qattan, Manna’ Khalîl. Mabâhits fî ‘ulûm
al-Qur’ân. Beirut: Dâr al-I’tisâm.
Rippin, Andrew (ed). Approaches to
the History of the Interpretation of the Qur’an.
Oxford: Clarendon Press
Salih, Subhi. Mabahits fi ulum al-Qur’ân.
Beirut: Dar al-Ilm li al-Malayin, 1988.
Suyuti,
Jamaluddin al-. al-Itqan.
Kairo: Maktaba al-Masyhad al-Husayniyya, 1967.
Syarifuddin, M. Anwar. Metodologi Penelitian Ilmu
al-Qur’an dan Tafsir, hasil penelitian buku ajar, 2006.
Wansbrough,
J., Qur’anic Studies.
Watt, W. Montgomery. Bell’s
Introduction to the Qur’an. Edinburg: Edinburg Univ. Press, 1970.
Zarkashi,
Badruddin. Al-Burhan fi ‘ulum
al-Quran, Kairo: 1959, 4 vols.
Internet: Blog MENGAJAR di http://anwarsy.wordpress.com
D. Topik Bahasan
Pekan ke-
|
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
|
Metode/
Strategi
|
Media Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Referensi
|
1
|
Definisi dan Ruang Lingkup Metodologi Penelitian Ilmu al-Qur’an dan Tafsir
1. Kontrak belajar,
2. Beberapa Istilah
dan Definisi
3. Kompetensi dasar
dan tujuan perkuliahan
4. Cakupan
perkuliahan
5. Orientasi Metodologi Penelitian Ilmu al-Qur’an
dan Tafsir
6.
Ruang Lingkup Ilmu al-Qur’an dan Tafsir
7. Sistem evaluasi
|
Ceramah
|
Spidol,
White Board, LCD,
internet.
|
Tanya jawab
|
Silabus dan SAP matakuliah,
Blog MENGAJAR di http://anwarsy.wordpress.com
R.C. Bogdan dan Sari Knopp Biklen. Qualitative
Research for Education, an Introduction to Theory and Methods. Boston:
Allyn and Bacon, 1998, edisi ke-III.
Manna’ Khalîl Qattan. Mabâhits
fî ‘ulûm al-Qur’ân. Beirut: Dâr al-I’tisâm.
Subhi Salih. Mabahits fi ulum
al-Qur’ân. Beirut: Dar al-Ilm li al-Malayin, 1988.
M.H. Dzahabî. Ittijahat al-Munharifa fi tafsir al-Quran, Kairo: Dâr al-I‘tisâm,
nd.
M.H. Dzahabî. Al-Tafsir wa al-Mufassirun, Kairo: Mustafâ al-Bâb al-Halabî, nd, 2 vols.
Jamaluddin al-Suyuti, al-Itqan. Kairo:
Maktaba al-Masyhad al-Husayniyya, 1967.
Badruddin Zarkashi. Al-Burhan fi ‘ulum al-Quran,
Kairo: 1959, 4 vols.
I. Goldziher. Madzâhib al-Tafsîr al-Islâmî. Kairo:
Maktabah al-Khanji, 1975.
Abd al-Hayy al-Farmawi, al-Bidaya
fi Tafsir al-Mawdu’i. Fajjala: Matba’a al-Hadara al-‘Arabiyya, 1977.
W. Montgomery Watt, Bell’s
Introduction to the Qur’an. Edinburg: Edinburg Univ. Press, 1970.
Jane Dammen Mc Auliffe. Quranic Christians an Analysis of
Classical and Modern Exegesis, Cambridge: Cambridge Univ. Press, 1991.
|
2
|
Pendekatan Bahasa dan Sastra
1.
Kritik Bentuk
2.
Kritik Redaksi
|
Diskusi kelas
|
Spidol,
White Board, LCD.
|
Tanya jawab
|
Andrew
Rippin (ed) Approaches to the History of the Interpretation of the Qur’an.
Oxford: Clarendon Press
M.
Arkoun. Berbagai Pembacaan al-Qur’an (terj. Machasin) Jakarta: INIS,
1997.
|
3
|
PendekatanKontekstual Melalui
Ilmu Sosial dan Humanities
1.
Arti Penting Konteks dalam Kajian al-Qur’an dan Hadis
2.
Beberapa Pendekatan Ilmu-ilmu Sosial sebagai alat Kritik: Sejarah, Politik,
Ilmu-ilmu Kemasyarakatan, dan Budaya.
|
Diskusi kelas
|
White Board, LCD.
|
Tanya jawab
|
Taufik
Adnan Amal dan Syamsu Rizal Panggabean. Tafsir Kontekstual Al-Qur’an. Sebuah
Kerangka Konseptual. Bandung: Mizan, 1990.
R.
Stephen Humphreys. Islamic History, A Framework for Inquiry.
Princeton: Princeton Univ. Press, 1991.
Nasr
Hâmid, Abu Zayd. Mafhûm al-Nass.
Kairo: Al-Hayât al-Misriyyah li Ammat al-Kitâb, 1993.
|
4
|
Penelitian Interdisipliner melalui
Pendekatan Hermeneutika
1.
Memahami Perkembangan Makna Hermeneutika dalam Kajian
Teks Kitab Suci
2.
Penerapan Teori-teori Hermeneunika Modern dalam Kajian Ilmu
al-Qur’an dan Tafsir
|
Diskusi kelas
|
Spidol,
White Board, LCD.
|
Tanya jawab
|
R.J.
Howard. Three Faces of Hermeneutics: An Introduction to Current theory of
Understanding, Los Angeles: University of California Press, 1982.
Richard
Palmer. Hermeneutics, Evanston:
Northwestern University Press, 1969.
J.
Bleicher. Contemporary Hermeneutics: Hermeneutics as Method, Philosophy
and Critique. London: Routledge & Kegan Paul.
Hans
Georg Gadamer, Philosophical Hermenutics. (terj. David E. Linge).
Berkeley: Univ. California Press, 1977.
Daniel
Patte. What is Structural Exegesis? Philadelphia: Fortress Press:
1976.
|
5
|
Penelitian Interdisipliner melalui
Perspektif Kesetaraan dan Keadilan Jender.
1. Mengenal Apa itu
Perspektif Kesetaraan Jender
2. Arti Penting Analisis
Jender dalam Kajian Keislaman.
|
Diskusi kelas
|
Spidol, White
Board, LCD.
|
Tanya jawab
|
Rif‘at
Hasan dan Fatima Mernisi. Setara di
Hadapan Allah Relasi Laki-laki dan Perempuan dalam tradisi Islam. Yogyakarta: LSPAA, 1995.
|
6
|
Bimbingan Menyusun
Disain Penelitian
1. Menemukan Judul/topik
Penelitian
2.
Menjelaskan latar belakang/signifikansi Penelitian
3.
Merumuskan Permasalahan
4. Menyusun Metodologi
Penelitian
5.
Mengumpulkan Daftar Rujukan Sementara
|
Ceramah,
Tanya jawab
|
Spidol,
White Board, LCD,
internet
|
Tanya jawab
|
M. Anwar Syarifuddin, Metodologi
Penelitian Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, hasil penelitian buku ajar, 2006.
Blog MENGAJAR di http://anwarsy.wordpress.com
|
7
|
UTS (lisan) Praktek
Menyusun Proposal Penelitian
Mini
|
Praktek Penyusunan Disain
Penelitian
|
Mandiri, internet
|
Praktek
Lisan
|
M. Anwar Syarifuddin, Metodologi
Penelitian Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, hasil penelitian buku ajar, 2006.
Blog MENGAJAR di http://anwarsy.wordpress.com
|
8
|
Praktek Penelitian
(Pekan ke-1)
Pengayaan Teori dan Persiapan Lapangan
|
Praktek Penelitian
|
Mandiri
|
Praktek
|
Bahan-bahan penelitian
masing-masing
|
9
|
Praktek Penelitian
(Pekan ke-2)
Mengumpulkan data
|
Praktek Penelitian
|
Mandiri
|
Praktek
|
Bahan-bahan penelitian
masing-masing
|
10
|
Praktek Penelitian
(Pekan ke-3) Mengolah/menganalisis data
|
Praktek Penelitian
|
Mandiri
|
Praktek
|
Bahan-bahan penelitian
masing-masing
|
11
|
Praktek Penelitian
(Pekan ke-4)
Merumuskan
kesimpulan
|
Praktek Penelitian
|
Mandiri
|
Praktek
|
Bahan-bahan penelitian
masing-masing
|
12
|
Praktek Penelitian
(Pekan ke-5)
Menyusun Laporan Hasil Penelitian (1)
|
Praktek Penelitian
|
Mandiri
|
Praktek
|
Bahan-bahan penelitian
masing-masing
|
13
|
Praktek Penelitian
(Pekan ke-6)
Menyusun Laporan Hasil Penelitian (2)
|
Praktek Penelitian
|
Mandiri
|
Praktek
|
Bahan-bahan penelitian
masing-masing
|
14
|
UAS (Lisan )Presentasi
Makalah Penelitian
|
|
|
Praktek
Lisan
|
|
|
|
|
Jakarta, 1 Februari 2017
Dosen Pengampu
Moh. Anwar Syarifuddin, MA.
NIP. 19720518 199803 1 003
|